BELAJAR HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA

BELAJAR HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA

tidak seperti Indonesia yang hanya memiliki 1 jenis huruf yaitu huruf abjad, Jepang memiliki 3 jenis huruf yaitu:


1. Hiragana (ひらがな)
2. Katakana  (カタカナ)
3. Kanji (漢字)

Di dalam artikel ini kita akan mempelajari huruf Hiragana dan Katakana ya Readers. Di artikel ini nanti aku juga akan berbagi tips menghafal huruf Hiragana dan Katakana. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita mengenali apa sih huruf Hiragana dan Katakana itu? dan seperti apa sih bentuk dari huruf Hiragana dan Katakana itu?
Ingat Readers Tak Kenal Maka Berkenalanlah...!!! Jdi mari kita berkenalan dengan huruf Hiragana dan Katakana.. Jha Hajimemasho!!!!


HIRAGANA

Hiragana (Kana: ひらがな; Kanji: 平仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa Jepang dan mewakili sebutan suku kata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita. Kaum lelaki pada masa itu menulis menggunakan tulisan Kanji dan Katakana. Hiragana mulai digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi.

Berikut ini bentuk huruf Hiragana:



Kegunaan Hiragana

Hiragana memiliki banyak kegunaan, diantaranya yaitu: 

1. Menulis akhiran kata (okurigana, 送り仮名). Contoh: okuru (mengirim) ditulis: 送.
    Yang bercetak tebal itulah okurigana.

2. Menulis kata keterangan (adverb), beberapa kata benda (noun) dan kata sifat (adjektif).

3. Perkataan-perkataan yang penulisan Kanji-nya tidak diketahui atau sudah lama tidak digunakan.

4. Menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku teks, animasi dan komik (manga).

5. Menulis furigana, dikenal juga dengan rubi, yaitu teks kecil di atas kanji, yang menandakan bagaimana suatu kata dibaca. Misalnya:

べんきょう
勉強     する

huruf yang diberi warna biru itulah yang dinamakan furigana.


KATAKANA


Huruf Katakana

Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来語/gairaigo) selain itu juga digunakan untuk menuliskan onomatope dan kata-kata asli bahasa Jepang, hal ini hanya bersifat penegasan saja.

Berbeda dengan hiragana suku kata, yang digunakan untuk kata-kata bahasa Jepang dan tata bahasa yang infleksi kanji tidak meliputi, suku kata katakana ini terutama digunakan untuk transkripsi kata-kata bahasa asing ke dalam bahasa Jepang dan penulisan kata-kata pinjaman (secara kolektif gairaigo). Hal ini juga digunakan untuk penekanan, untuk mewakili onomatopoeia , dan untuk menulis kata-kata bahasa tertentu Jepang, seperti istilah teknis dan ilmiah, dan nama-nama tumbuhan, hewan, dan mineral. Nama perusahaan Jepang juga sering ditulis dalam katakana multiguna daripada sistem lain.

Katakana ditandai dengan ringkas, guratan lurus dan bersudut, dan paling sederhana aksara Jepang.
Dalam bahasa Jepang modern, katakana yang paling sering digunakan untuk transkripsi kata-kata dari bahasa asing (selain kata-kata historis diimpor dari Cina), yang disebut gairaigo. Sebagai contoh, "televisi" ditulis terebi (テレビ ? ). Demikian pula, katakana biasanya digunakan untuk nama negara, tempat-tempat asing, dan nama pribadi asing. Sebagai contoh, Amerika Serikat biasanya disebut sebagai アメリカ amerika, bukan di perusahaan ateji kanji ejaan 亜 amerika 米利加.

Katakana juga digunakan untuk onomatopoeia, kata yang digunakan untuk mewakili objek - misalnya, pinpon (ピンポン ? ), yang "ding-dong" suara bel.

Istilah teknis dan ilmiah, seperti nama-nama hewan dan tumbuhan spesies dan mineral, juga umumnya ditulis dalam katakana, sebagai spesies, ditulis hito ( ヒト ? ) , bukan 人 kanji nya.

Katakana juga sering, namun tidak selalu, digunakan untuk transkripsi nama perusahaan Jepang. Misalnya Suzuki ditulis スズキ, dan Toyota ditulis トヨタ. Katakana juga digunakan untuk penekanan , khususnya pada tanda-tanda, iklan, dan lari (yaitu, papan reklame ). Sebagai contoh, adalah umum untuk melihat ココ koko ("di sini"), ゴミ gomi ("sampah"), atau メガネ megane ("kacamata").

Itu tadi sedikit penjelasan tentang Hiragana dan Katakana. Nah Readers memlalui penjelasan di atas kita telah mengenal atau telah mengetahui apa dan seperti apa huruf Hiragana dan Katakana.
Karena kita sudah mengenal huruf Hiragana dan Katakana mari kita belajar menghafalkannya.


Berikut tips menghafal Hiragana dan Katakana:



1. Menulis Berulang Kali Tiap Huruf

Menulis ber ulang kali setiap huruf adalah metode yang sangat bagus untuk digunakan, karena selain Anda menghafal cara membaca nya, Anda juga akan mahir untuk menulis aksara hiragan dan katakana.

Tulis minimal 5 kali setiap huruf, dan setiap hari menghafal minimal 5 huruf (Tergantung kesibukan) jadi misal nya hari ini saya belajar menghafal huruf A, I, U, E dan O.
Maka saya akan meng ulang menulis huruf A di buku saya minimal 5 kali sehingga saya benar benar mengingat pola guratan nya, begitu juga dengan huruf yang lain nya.

2. Merangkai Kata Dengan Huruf Yang Dihafal

Untuk mempertajam ingatan terhadap huruf yang saya hafal setiap hari, saya biasanya menulis ulang huruf yang sudah saya ketahui dan merangkai nya menjadi sebuah kata. Cara ini juga cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan menulis.

Contohnya misalkan hari ini Anda menghafalkan huruf A, I, U, E dan O maka cari kata yang menggunakan salah satu dari ke 5 huruf diatas, seperti kata:

AI あい (Cinta)
AO あお (Biru) 
UE うえ (Atas) 

Hari berikutnya menghafalkan huruf Ka, Ki, Ku, Ke, dan Ko maka anda bisa merangkai kata seperti:

KAO かお (Wajah) 
KOE こえ (Suara) 
KAU かう (Membeli) 
AKA あか (Merah) 
EKI えき (Stasiun) dan masih banyak yang lainya.


3. Menulis Sebuah Kalimat dan Membaca Ulang Kalimat Tersebut

Nah, trik yang terakhir juga sangat powerfull untuk Anda terapkan, trik ini akan membuat ingatan Anda terhadap huruf hiragana dan katakana lebih melekat, bahkan sama seperti menulis huruf alfabeth, karena sudah hafal tanpa harus berfikir.

Yaitu menulis sebuah kalimat dari huruf yang Anda hafal lalu membaca nya kembali, setelah Anda menghafal semua maka cobalah melakukan trik ini, maka dengan banyak latihan dengan metode ini InsyaaAllah kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana dan katakana Anda akan sangat bagus bahkan tanpa harus berfikir, langsung spontan seperti Anda menulis dan membaca alfabeth.


Itu tadi Readers beberapa tips yang bisa Readers coba untuk menghafal huruf Hiragana dan Katakana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...





sumber: 


0 komentar:

Posting Komentar