PERBEDAAN GIMBAB DARI KOREA DENGAN SUSHI DARI JEPANG


PERBEDAAN GIMBAB DARI KOREA DENGAN SUSHI DARI JEPANG



Readers pasti tau kan makanan khas jepang yang bernama Sushi gulung? Itu tuh nasi yang digulung dan dibungkus dengan rumput laut kering atau biasa disebut dengan istilah Nori. Nah readers ternyata Negara Korea juga memiliki kuliner yang tampak mirip dengan Sushi gulung, yaitu Gimbab atau Kimbab. Dua jenis makanan ini sama-sama digulung dan dibungkus dengan nori nih readers. Jika tidak mengenali dengan baik antara dua jenis makanan ini kita akan sangat sulit membedakannya, karena penampilan kedua makanan ini nyaris sama nih readers. Untuk mengetahui perbedaannya mari kita kenali kedua jenis makanan ini. Ingat …!! Tak kenal maka tak tau.. check it out….!!


A. SUSHI 

 

SUSHI

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Sushi memiliki banyak jenis yang digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain Nigirizushi, Oshizushi, Chirashizushi, Inarizushi, dan narezuzhi. Jenis sushi yang mirip dengan kimbab adalah jenis Makizushi . 

Makizushi adalah sushi berupa gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki (telur dadar)dan neta lain yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan Sundare (anyaman bambu bentuk persegi panjang). 





Selain itu, Makizushi  terbagi menjadi beberapa bagian. Yang membedakan adalah ketebalan dari sushi gulung tersebut dengan isinya. Salah satu jenis sushi makizushi adalah Futomaki. Sushi gulung futomaki memiliki diameter di atas 5 cm. Dan sushi jenis ini memiliki berbagai macam isian/neta. Jenis sushi futomaki inilah yang disebut-sebut paling mirip dengan kimbab.





B. GIMBAB


GIMBAB

Gimbap adalah jenis makanan korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Berdasarkan buku Dongguk Sesigi yang di tulis pada zaman Dinasti Joseon, terdapat makanan yang dinamakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang dibuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering). Ada yang mengatakan bahwa makanan ini diadaptasikan dari sushi jepang. Namun, faktanya gimbab adalah makanan rakyat yang murah dan dibuat dari bahan sederhana. 


Bahan untuk membuat gimbab adalah nasi, daging dan sayuran. Nasi putih dibumbui garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur, daging iga sapi, kimchi, keju, tuna dan sebagainya. Sedangkan bahan sayurnya adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak). Setelah semua isi digulung, biasanya diiris pisau sampai 8 potongan seukuran gigitan. 

Bahan Gimbab


Itu tadi penjelasan sedikit tentang sushi dan gimbab. Melalui penjelasan diatas sangat jelas bahwa sushi dan gimbab adalah makanan yang berbeda. Dari segi bahan yang digunakan untuk memberi rasa pada nasi di antara keduanya jelas berbeda. Nasi gimbab dibumbui dengan minyak wijen sedangkan pada sushi nasi dibumbuhi dengan cuka beras. Isi gimbab yang mengandung acar juga membuat gimbab terasa agak asam, berbeda dengan sushi yang agak amis karena menggunakan daging ikan mentah sebagai isinya. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan sushi dengan kimbab kita harus memakan keduanya readers. Bener gak? Wkwkkwkwk….
Sekian dulu untuk hari ini dan terimakasih telah membaca…






sumber: http://m.detik.com/food/read/2014/09/12/091833/2688363/297/apa-beda-gimbab-korea-dan-sushi-jepang
https://id.m.wikipedia.org/wiki/gimbap? 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/sushi?



0 komentar:

Posting Komentar