TIPS MENGEMPUKKAN DAGING SAPI

TIPS MENGEMPUKKAN DAGING SAPI



Daging sapi (Bahasa Inggris: beef) adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Daging sapi memang makanan favorit bagi sebagian besar orang.

Masakan yang berbahan dasar daging sapi memenag terkernal lezat dan berkesan mewah. Namun ada satu masalah saat memasak daging sapi, yang hingga kini masih banyak dikeluhkan oleh beberapa orang, yaitu mereka kesulitan menemukan cara bagaimana mengempukkan dagingnya. Cara paling populer untuk mengempukkan daging adalah dengan direbus. Hal ini tidak menjadi masalah kalau daging sapi diolah menjadi masakan seperti rendang, empal, atau semur. Karena proses rebusan akan membuat daging lebih lembut, empuk, dan bumbu lebih meresap. Namun, lain cerita kalau danging sapi diolah menjadi daging steak atau daging panggang. Mengempukkan dengan merebus danging yang akan dijadikan steak ataupun daging panggang sangat tidak dianjurkan, karena bisa merubah rasa dan tekstur daging steak.

Berikut ini ada bebrapa tips yang digunakan para profesional utnuk membuat daging yang empuk. Readers bisa mengkombinasikan 1-2 cara dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

1. Potong Daging Melintang Seratnya

Cara ini juga cukup krusial. Teknik memotong daging sapi yang benar akan membuat dagingnya lebih empuk saat disantap.

Caranya: Memotong daging sapi mesti melawan alur uratnya. Kemudian, potong daging sapi dengan melawan arah serat dagingnya. (Sumber 3).

potongdagingmelintang
Potong berlawanan dengan arah serat / img: yiresevation.com



2. Bungkus dengan Daun Pepaya

Cara ini sangat umum digunakan. Daun pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai pelunak serabut daging.

Daun Pepaya
Caranya: Remas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian bungkus daging secara merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak. Cara ini cocok untuk masakan daging yang dibakar seperti sate atau steak.





3. Gunakan Meat Tenderizer Tool


Meat Tenderizer Tool
Ini adalah salah satu cara paling mudah, cepat dan praktis untuk mendapatkan daging yang empuk sekaligus bumbu lebih meresap. Alat ini mempunyai 24 mata jarum yang berfungsi memotong serat daging sehingga lebih lunak dan empuk.

Kelebihan lainnya adalah, bumbu-bumbu dapat meresap 10x lebih sempurna ke dalam daging sehingga rasanya lebih enak.



4. Celupkan dengan Parutan Nanas

Parutan Nanas

Ini merupakan cara tradisional yang ampuh dan cepat untuk membuat daging empuk.
Caranya: Potong daging kambing dan siram dengan air panas. Lalu celupkan dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit saja. Pilihlah nanas yang masih berwarna hijau. Cara ini cocok untuk daging yang akan dimasak dengan cara ditumis atau dibuat sayur.



5. Lumuri dengan Kiwi


 
Parutan Kiwi


Salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging adalah kiwi. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk.

Caranya: Iris tipis buah kiwi, lalu letakkan berjajar di atas permukaan daging selama 30 menit. Untuk 1 kg daging biasanya dibutuhkan 4 buah kiwi agar hasilnya maksimal.

5. Kulit Pisang

Kulit Pisang

Kulit pisang dapat membuat daging lebih empuk dan gurih. Hebatnya lagi, kulit pisang juga membuat daging menjadi tidak kering dan tentu saja tidak merubah cita rasa daging.

Caranya: Pilihlah kulit pisang dari pisang yang sudah matang. Lalu, cuci sampai bersih dan masukkan ke dalam panci pemanggang atau oven. Masak sampai dagingnya matang. Tambahan kulit pisang ini akan membuat daging cepat empuk, kenyal, dan gurih.

6. Rendam dalam Teh Hitam

Teh Hitam

Kandungan tanin di dalamnya berfungsi sebagai pengempuk alami.

Caranya: Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin kemudian rendam daging (marinade) dalam air teh beberapa menit.

7. Pukul-pukul dengan Pemukul Daging

Pemukul Daging

pemukuldagingTeknik melunakkan daging juga bisa dilakukan dengan memukul-mukul permukaan daging. Dengan cara ini serat daging jadi putus atau lembut sehingga mudah empuk.

Caranya: Gunakan palu baja khusus pemukul daging yang berbentuk kotak. Puku-pukul daging secara merata, atau ke seluruh permukaan daging. Lakukan di kedua sisi daging agar empuknya merata.



Cara-cara di atas perlu anda coba-coba dan disesuaikan sendiri agar hasilnya sesuai dengan keinginan anda. Sebab, belum tentu daging yang terlalu empuk cocok dengan selera atau masakan yang akan anda siapkan dan sebagian dari cara di atas dapat merubah rasa daging.

Selamat mencoba.......



sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Daging_sapi
http://resepkoki.co/rahasia-agar-daging-empuk-dan-tidak-alot/

0 komentar:

Posting Komentar